Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PERINGATI HARI BATIK NASIONAL, SDMP GELAR KEGIATAN MELUKIS BATIK

(Palangkaraya, 02 Oktober 2023), Dalam memperingati hari Batik, SD Muhammadiyah Pahandut menggelar kegiatan melukis batik dan menggambar batik. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Senin, 02 Oktober 2023 dengan mengambil tema "Membangkitkan Batik, Berkreasi Tanpa Batas". Semua siswa-siswi mulai dari kelas 1-6 memakai baju batik.

Foto bersama seluruh siswa-siswi dan tenaga pendidik SDMP sebelum agenda parade berlangsung


               (Agenda parade jalan bersama yang dipimpin oleh barisan eskul drumband SDMP)

Agenda tersebut diawali dengan parade keliling lingkungan sekolah dengan rute awal mulai dari Jl. Rasak menuju kejalan Ulin (kembali kesekolah) yang dipimpin dengan barisan pertama dengan menampilkan ekstrakurikuler drumband. Kegiatan selanjutnya, kemudian dilanjutkan dengan agenda menggambar dan mewarnai batik pola sederhana di kertas untuk kelas 1-2, sedangkan untuk kelas 3 mencetak pola batik dikain yang telah disediakan dengan cetakan alami dari dedaunan. Disamping itu, untuk kelas 4 & 5 membuat batik ecoprint dengan cara menumbuk dedaunan di kain yang telah disediakan, kemudian dikeringkan dibawah sinar matahari. Khusus kelas 6, kegiatan dilakukan dengan menggambar batik langsung dikain dengan menggunakan kuas dan cat pewarna.

Hasil mencetak batik, karya kelas 3A & 3B



Siswa-siswi sedang melukis batik dikain

Agenda selanjutnya, setiap kelas bersama wali kelas menggambar dan melukis batik di payung. Anak-anak terlihat sangat antusias dan bersemangat. Kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 13.45. Lebih lanjut, Sandra Aryani, Kepala SDMP mengungkapkan "Kegiatan ini sekaligus untuk melatih kreatifitas siswa-siswi SDMP, anak-anak dibebaskan untuk berkreasi melukis batik sesuai dengan imajinasinya. Agenda ini juga diharapkan dapat terekam dalam memori anak-anak kelas, dan menjadi kenangan tersendiri setelah lulus dari SDMP. Terlihat anak-anak sangat gembira dan bersemangat, sampai bel kepulangan-pun anak-anak masih ingin tetap melanjutkan melukis batik."

Walaupun terhalang kabut asap yang melanda beberapa titik di wilayah Kalimantan, termasuk Palangkaraya yang terkena dampaknya. Tetapi, tidak menyurutkan anak-anak untuk terus berkarya. Perlu diketahui bahwa, peringatan hari Batik ini setiap tahun terus dilakukan SDMP, namun beberapa tahun dekade terakhir sempat ditiadakan karena terhalang pandemi Covid-19.

Zidan, salah satu siswi SDMP mengatakan bahwa sangat senang dalam kegiatan memperingati hari batik ini kami full kegiatan diluar, berkreasi dengan sebebas-bebasnya melukis Batik. Ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan terindah bagi saya. Semoga tahun depan, seperti ini lagi, soalnya sangat seru sampai saya tak ingin pulang hehehe keasikan melukis batik".

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working