Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PEMBEKALAN PRAKTIK SHALAT JENAZAH BAGI SISWA KELAS 6 SDMP

(Palangka Raya, 24/01/2024)  SD Muhammadiyah Pahandut dalam mata pelajaran Al-Islam melaksanakan praktik shalat jenazah yang dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Januari 2024 di Masjid Mujahidin Palangka Raya dan diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VI SDMP. Praktik dilaksanakan dengan terbagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdapat siswa laki-laki dan  perempuan yang menyalatkan,  ada juga yang berpura-pura menjadi mayat yang dishalatkan.

(Pelaksanaan praktik shalat jenazah)
Ada empat kewajiban bagi seorang muslim terhadap jenazah, yaitu memandikan, mengafani, menyalatkan, dan mengubur. Pelaksanaan praktik shalat jenazah bertujuan agar peserta didik memahami lebih lanjut tentang kewajiban terhadap jenazah, terutama  menyalatkan.

(Praktik menyalatkan jenazah di Masjid)


Dengan melaksanakan praktik sholat jenazah, peserta didik menjadi lebih memahami tata cara sholat jenazah mulai dari posisi berdiri, niat, takbir pertama membaca surat Al Fatihah, takbir kedua membaca Shalawat Nabi Muhammad SAW, takbir ketiga do’a, do’a takbir keempat dan yang kelima memberi salam kekanan dan kekiri.

Salah satu teman kita dari kelas VI,  Salim Abdul Hafizh, memberikan komentar terkait pengalamannya melaksanakan praktik shalat jenazah. Menurut Hafizh, yang paling berkesan adalah ketika melihat temannya berpura-pura menjadi mayat.
"Di shalat jenazah bacaan shalatnya berbeda dengan shalat wajib. Bacaannya susah, tapi bisa (melaksanakan praktik). Lucu, karena ada (teman-teman saya) yang jadi mayatnya." Terang Hafizh sambil tertawa kecil.
Bapak Satrya Karunia Tri Haryanto, Guru ISMUBA sekaligus guru pembimbing praktik shalat jenazah, menjelaskan bahwa praktik shalat jenazah dilaksanakan untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi ujian Munaqasah. 

"Alhamdulillah, praktik shalat jenazah ini merupakan upaya untuk menguatkan kembali materi yang pernah dipelajari sebelumnya. Dengan diadakannya praktik ini diharapkan siswa menjadi lebih siap untuk menghadapi Ujian Munaqasah yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-23 Februari 2024 khusus Munaqasah Internal serta 26 Februari -1 Maret 2024 untuk Munaqasah Internal." Jelas Bapak Satrya.


(Peserta didik kelas VI SDMP usai melaksanakan praktik shalat jenazah)

Semoga setelah melaksanakan praktik shalat jenazah, siswa-siswi SDMP kelas VI sudah lebih paham dan siap  untuk menghadapi Ujian Munaqasah yang waktu pelaksanaannya sudah di depan mata.



Kontributor    : Fira Yunika

Editor             :  Fira Yunika



Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working