Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PSMB 2024 SDMP, "Merajut Kebersamaan dalam Menggali Kebudayaan Nusantara"

(Palangkaraya, 08/05/2024) Hari ini, pentas seni digelar di SD Muhammadiyah Pahandut. Membawakan tema "Merajut kebersamaan dalam menggali kebudayaan Nusantara", pentas seni tersebut menjadi wadah untuk peserta didik unjuk minat dan bakat. Peserta didik mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, menampilkan berbagai talenta memukau di hadapan para hadirin yang datang maupun penonton di live IG.

Penampilan pentas seni minat dan bakat SDMP dihadiri oleh Jayani, S.Pd. M.Si. selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, Agung Catur P., S.Hut., M.P. selaku ketua LSBO Kalteng, Drs. A. Wahyu Cahyono, M.Pd. selaku ketua PCM Pahandut, Muhammad Fitriani selaku sekretaris PCM Pahandut, H. Mukhlis Rohmadi, M.Pd. selaku ketua komite SDMP, dan Jemmy Wahyudi, S.Pd. M.AP. selaku direktur SM Corner.

Kedatangan para tamu undangan langsung disambut dengan Lawang Sakepeng, yakni atraksi silat dari suku Dayak Ngaju dari provinsi Kalimantan Tengah. Kemudian, dilanjutkan dengan penampilan tari Zapin Muara dari anak-anak kelas 6. Ada pula penampilan pembacaan ayat suci Alquran oleh peserta didik.


(Penampilan Tari Zapin Muara)

Di pentas seni minat dan bakat kali ini, banyak menampilkan berbagai macam tarian dari berbagai daerah dan kebudayaan, seperti tari Saman, Sinanggar Tulo, Piring, Sigeh Pengunten, Ondel-Ondel, Dolanan, Topi Saya Bundar, Ampar-Ampar Pisang, Kecak, Ofa Langga, dan Rasa Sayange. Selain tarian, ada pula penampilan ludruk, pantomim, dan menyanyi lagu Siji Loro Telu dan lagu Kicir-Kicir. 

(Penampilan tari Kecak)



(Penampilan tari Saman)


Sandra Aryani, S.Pd. selaku kepala SDMP, menjelaskan bahwa Merupakan program tahunan dengan tujuan mengembangkan minat dan bakat murid dalam bidang kesenian dan melatih murid untuk tampil percaya diri. Pentas seni menjadi wadah bagi anak-anak berproses untuk belajar menampilkan penggelaran. Jadi, keunikan anak-anak menjadi ciri khas PSMB SDMP. Membawa tema kebhinekaan, kepala SDMP menerangkan bahwa harapan dari PSMB tahun ini yaitu peserta didik dapat memahami bahwa meskipun ada perbedaan di antara kita namun kita tetap satu dan lebih semangat memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika.

 

(Penampilan Ludruk)

Dalam sambutan oleh Jayani, S.Pd. M.Si. selaku kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, pentas seni diperlukan untuk menyeimbangkan pengembangan minat dan bakat peserta didik dengan pembelajaran secara teori di kelas. Program ini juga sejalan dengan merdeka belajar.


(Sesi foto keluarga besar SDMP)


Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working