Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

HW SD MUHAMMAIDYAH BERPRESTASI DI PESTA SIAGA CERIA 2019


PANDU HW SD MUHAMMADIYAH BERPRESTASI


SD Muhammadiyah mengikuti kegiatan lomba Gebyar  Pesta Siaga Tahun 2019. Acara ini laksanakan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 di kantor Gubernur. Setiap sekolah mengirim 8 siswa dan 8 siswi untuk mengikuti berbagai lomba yang sudah dijadwalkan.
SD Muhammadiyah tidak mengirim peserta pramuka, melainkan Pandu Hizbul Wathan atau yang dikenal dengan HW. Dimana Pandu HW hamper sama dengan Kepramukaan, namun yang membedakan adalah sistemnya. Gerakan Kepanduan HW adalah salah satu organisasi otonom di lingkungan Muhammadiyah yang khusus dalam bidang kepanduan.
HW didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan yang awalnya bernama “Padvinder Muhammadiyah” pada tahun 1918 dan selang dua tahun diganti dengan nama “Hizbul Wathan” pada tahun 1920. Kepanduan sendiri diartikan sebagai suatu system Pendidikan non formal di luar Pendidikan keluarga dan sekolah. Kegiatannya bertujuan membentuk dan membina watak anak, remaja dan pemuda dengan metode yang menarik, menyenangkan, dan menantang serta dilaksanakan di alam terbuka. Sedangkan HW diartikan sebagai pembela tanah air.
Adanya kepanduan HW ini diharapkan dapat digunakan sebagai sarana untuk pembentukan kader Muhammadiyah dan Bangsa Indonesia. Agar nantinya Muhammadiyah bisa mencetak generasi muda yang berguna di masyarakat, mandiri, dan berakhlaq mulia.
Gebyar Pesta Siaga 2019 kemarin telah menunjukkan bahwa Pandu HW Qobilah 39 – 40 Ahmad Dahlan peserta didik Athfal (siswa 7 – 10 Tahun) bisa berprestasi dan ikutserta di kegiatan kepramukaan se Daerah Kalimantan Tengah. Walaupun terlihat berbeda dari seluruh peserta lomba, peserta didik SD Muhammadiyah tidak merasa minder ataupun pesimis untuk meraih penghargaan dari panitia. Banyak manfaat dan pembelajaran yang bisa diambil oleh Peserta Didik SD Muhammadiyah setelah mengikuti kegiatan tersebut. Seperti halnya penjelasan dari salah satu Pembina HW sealigus pendamping lomba “Ada banyak hal yang bisa kita ambil dari mengikuti kegiatan Pesta Siaga ceria tahun 2019 ini. Pertama, pandu HW kita bisa dikenal oleh masyarakat luas. Kedua, melatih peserta didik agar mereka bisa percaya diri, mandiri, berakhlak mulia, dan tentunya bisa berprestasi di bidang kepanduan. Ketiga, ini juga motivasi untuk para Pembina, agar bisa lebih inovatif dalam mendidik anak, sehingga bener-benar bisa membentuk kader HW sesuai dengan tujuannya” (SAIUN).
Kemeriahan dalam Pesta Siaga Ceria membuat SD Muhammadiyah membawa beberapa piala di antaranya, ialah Juara I Lomba Pasang Atribut Mandiri Putri a.n Alysya Maysaroh (kelas IV A), Juara Harapan V Lomba Pasang Atribut mandiri Putra a.n A. Badir Hamam Z. (Kelas IV B), Juara Harapan VI Lomba Menggambar Putri a.n Alysya Maysaroh (kelas IV A), Juara III Lomba Menggambar Putra a.n Badir Hamam Z. (Kelas IV B), Juara Harapan X Lomba Kolase Putra (team).


Share on Google Plus

About admin web SDMP

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working