Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

AKHIRNYA SD MUHAMMADIYAH PAHANDUT GELAR UJIAN MUNAQASAH OFFLINE

 PTM TERBATAS, SD MUHAMMADIYAH PAHANDUT GELAR MUNAQASAH OFFLINE




(PALANGKARAYA) Sudah hampir dua tahun pandemi covid-19, akhirnya SD Muhammadiyah Pahandut dapat menggelar munaqasah secara offline. Hal ini juga berdasarkan peraturan dari Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya nomor 420 bahwa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas 50 % dapat dilaksanakan di semua Satuan Pendidikan mulai dari jenjang PAUD, SD/MI hingga SMP/MTS. SDMP melaksanakan dua kali munaqasah secara internal dan eksternal yang di mulai dari hari Senin, 14 Maret 2022 – Rabu 23 Maret 2022 bagi siswa kelas VI sebanyak 47 siswa.

Sandra Aryani, K.SPd selaku kepala sekolah SDMP mengatakan bahwa “Munaqasah merupakan salah satu program unggulan dari SDMP, untuk melihat tolak ukur kemampuan siswa dari segi religiusnya sesuai dengan prinsip-prinsip kemuhammadiyahan, adanya munaqasah yang digelar dua kali untuk memberikan penguatan kepada siswa/siswi”.

Munaqasah internal difokuskan kepada Hafalan doa’ harian dan hafalan juz ke-30 mulai dari surah An-Nas sampai dengan An-Naba’ yang diuji langsung oleh penguji dari guru SDMP, Noorita, S.Pd sebagai penguji I selaku guru bahasa Arab, Muhammad Fadli, S.Pd Penguji II selaku guru Al-Islam, Adied Najiyurrahman, S.E sebagai penguji III selaku guru Kemuhammadiyahan. Munaqasah internal berlangsung selama 4 hari tanpa didampingi orangtua.

Lebih lanjut, Sandra Aryani mengatakan bahwa tujuan diadakan munaqasah internal ini untuk memberikan penguatan kepada siswa/siswi pada munaqasah eksternal yang dihadiri oleh wali murid masing-masing. Ujian munaqasah eksternal dikhususkan pada ujian praktik shalat Fardhu, shalat jenazah, wudhu, tilawah, hafalan juz ke-30 dan doa harian”.

Setelah, ujian munaqasah internal selesai kemudian dilanjutkan dengan ujian munaqasah eksternal yang berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Senin, 21 Maret 2022 – Rabu, 23 Maret 2022. Acara munaqasah yang berlangsung selama 3 hari tersebut, di uji langsung oleh 3 penguji dari PWM, PDM dan PCM Kalimantan Tengah yakni; Bapak HM. Zuhri,SH.I., M.Pd.I selaku sekretaris PWM Kalteng, Bapak Drs.H. Sofyan Anshari, M.Ag selaku sebagai ketua PDM Kalteng, dan Bapak Apriyono S.H.I.selaku perwakilan PCM Kalteng.

Program munaqasah ini sekaligus memberikan masukan, saran kepada sekolah, karena mengundang langsung tokoh-tokoh muhammdiyah, sehingga kami sebagai tokoh masyarakat dapat mengetahui perkembangan sekolah secara langsung” ujar Drs. H. Sofyan Anshari, M.Ag.

Lebih lanjut, beliau berharap program munaqasah ini terus berjalan dan ditingkatkan setiap tahunnya, untuk memotivasi siswa dalam meningkatkan pemahamanan keagamaan bukan hanya teori tetapi juga praktik.





Share on Google Plus

About admin web SDMP

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working