Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

LAGI!, SDMP RAIH JUARA 1 PARADE SE-PERGURUAN MUHAMMADIYAH PALANGKA RAYA


(Palangka Raya), 17 Agustus merupakan momentum bagi seluruh bangsa Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan. Tak terkecuali, SD Muhammadiyah Pahandut turut memeriahkan HUT RI ke-77 dengan mengikuti berbagai macam perlombaan di sekolah dan juga berpartisipasi dalam parade Kebangsaan Se-Perguruan Muhammadiyah Palangkaraya. Peserta dari parade ini mulai dari TK, SD,SMP, SMA, SMK hingga mahasiswa se-Perguruan Muhammadiyah Palangkaraya. Rangkaian dari parade ini bukan hanya menampilkan atraksi tetapi oleh penyelenggara Lembaga Seni dan Olahraga (LSBO) juga terdapat serangkaian lomba Pentas Seni dan Bincang Sastra.

Alhamdulillah dalam lomba tersebut siswa-siswi SDMP meraih juara 2 dan Harapan 3 Lomba Baca Puisi oleh Tara Nada Daiyah dan Noor Azzahra Putri Ridha. Selain, ikut berpartisipasi ternyata kami membawa pulang beberapa piala perlombaan, dalam memeriahkan lomba parade kebangsaan. Semoga dapat memotivasi yang lainya.” Ungkap Apri Indah Sari dan Ria Supia Dayati selaku pendamping lomba.

(Foto : Pemenang Lomba Puisi Juara 2 dan Harapan 3 Baca Puisi bersama dengan ketua LSBO)

Parade kebangsaan tersebut dilaksanakan pada Rabu Pagi (17/8/22) setelah pelaksanaan upacara bendera HUT RI ke 77, tepatnya di halaman Perguruan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Walaupun cuaca kurang mendukung, peserta terlihat bersemangat dan berlangsung dengan khidmat mengikuti upacara gabungan se-perguruan Muhammadiyah Palangkaraya.

Siswa-siswi SDMP sedang parade kebangsaan

Foto bersama kepala skeolah, seluruh tenaga pendidik SDMP dan siswa/i yang ikut dalam parade

Penyerahan piala bergilir juara parade kebangsaan kepada SD Muhammadiyah Pahandut

Parade kali ini, drama yang kami tampilkan mengusung tema peristiwa perjuangan melawan pasukan Belanda di Hotel Yamato. Ide ini dicetuskan dan dirancang oleh pak Aan Yudi Prasetyo. Semua peran dimainkan oleh anak-anak. Antusiasme anak-anak terlihat saat menjiwai peran-nya masing-masing. Pertunjukkan semakin dramatis saat Hisyam berhasil merebut kembali Hotel Yamato dengan merobek bendera Belanda”. Ujar Arif Primadoni, selaku pembimbing parade.

Aksi anak-anak yang dramatis dan kostum serta properti yang dikenakan membuat kagum para penonton. Sehingga, berhasil mendapatkan juara I dan membawa pulang piala bergilir ke SDMP. Bukan hanya itu, momen parade kebangsaan juga menjadi salah satu cara untuk memberikan pelajaran tentang sejarah perjuangan kepada siswa-siswi dan masyarakat. Dengan mempraktikkan dan memainkan peran secara langsung, diharapkan anak-anak dapat memahami semangat juang para pahlawan sekaligus memaknai arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.

 Kepala Sekolah Sandra Aryani K., S.Pd mengatakan “Alhamdulillah, tahun ini kita dapat meraih juara parade dan mempertahankan piala bergilir. Persiapan kami yang hanya seminggu, ternyata tidak menyurutkan semangat anak-anak dalam berpartisipasi dalam parade. Makna ‘merdeka’ yang diinginkan anak-anak disekolah, dapat tertuang dalam inovasi mereka dalam parade kebangsaan kali ini, tampil berbeda dengan semangat yang membara. Tak lupa, terimakasih kepada bapak-ibu guru dan seluruh staff SDMP yang turut membantu, serta seluruh siswa-siswi SDMP yang memeriahkan parade kebangsaan ini sehingga dapat kembali meraih gelar “sang juara parade”.


Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working