Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

GO DIGITAL, SDMP LAUNCHING E-BULLETIN GEMILANG

(Palangkaraya), Learning loss sebagai efek dari pandemi membuat kualitas minat baca peserta didik semakin menurun. Literasi yang seharusnya menjadi modal utama peserta didik, semakin tergeser oleh adanya gadget yang menggantikan hampir disetiap peran penting pendidikan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kembali minat baca peserta didik. SD Muhammadiyah Pahandut berinovasi untuk membuat program literasi GO DIGITAL dengan membuat elektronik buletin yang dapat diakses secara online.(Palangkaraya), Learning loss sebagai efek dari pandemi membuat kualitas minat baca peserta didik semakin menurun. Literasi yang seharusnya menjadi modal utama peserta didik, semakin tergeser oleh adanya gadget yang menggantikan hampir disetiap peran penting pendidikan. Maka dari itu, untuk meningkatkan kembali minat baca peserta didik. SD Muhammadiyah Pahandut berinovasi untuk membuat program literasi GO DIGITAL dengan membuat elektronik buletin yang dapat diakses secara online.

Launching e-Bulletin Gemilang tersebut diadakan pada Jum'at, 23 September 2022 secara virtual melalui zoom meeting. Acara tersebut juga dihadiri oleh kasi peserta didik dan pembinaan karakter, Era Wahyuningsih.,S.Si, Ketua DikDas Majelis PCM, Ahmad Wahyu Cahyono.,M.Pd, Komite Sekolah sekaligus penasehat e-Bulletin H. Mukhlis Rohmadi.,M.Pd dan Hj. Nurul Septiana.,M.Pd dan salah satu tokoh penggiat literasi Agung Catur Budi Prabowo., S.Hut.,M.P. Sedangkan, peserta didik kelas 3-6 menyaksikan launching dikelas masing-masing yang dipandu oleh wali kelas.

Dokumentasi peserta Launching e-Bulletin Gemilang SDMP


Foto bersama Tim Redaksi bersama ketua Dikdas PCM Pahandut, Kepala Sekolah, Koordinator Kurikulum dan Beberapa perwakilan tenaga pendidik SDMP

Acara diawali dengan sambutan-sambutan, kemudian launching dan penampilan video e-bulletin Gemilang" serta sekapur sirih oleh Agung Catur Budi Prabowo, selaku salah satu tokoh penggiat literasi. Peresmian launching secara simbolis dilakukan oleh Kepala Sekolah, Sandra Aryani selaku sebagai kepala sekolah dan Ahmad Wahyu Cahyono, selaku sebagai Ketua Majelis Dikdas PCM Pahandut. Lebih lanjut, Sandra Aryani menegaskan bahwa program ini merupakan salah satu program baru yang akan diterbitkan setiap sebulan sekali untuk menunjang literasi peserta didik secara digital dan sekaligus sebagai ajang promosi sekolah, bahwa SDMP juga upgrade akan perkembangan digital.

"Kami ucapkan selamat kepada SDMP, dengan adanya program e-bulletin gemilang SDMP ini, sangat menunjang minat baca di era digitalisasi, program ini juga memberikan contoh bagi tingkat kesatuan pendidikan yang lainya. Kami berharap, semoga e-bulletin bukan hanya stagnan berhenti beberapa kali edisi, tetapi tetap terus eksis sampai kapanpun. Ungkap Era Wahyuningsih.,S.Si, selaku asi peserta didik dan pembinaan karakter dinas pendidikan kota Palangkaraya.

e-Buletin Gemilang yang diterbitkan memiliki arti, cerah, cemerlang. Hal ini dimaksudkan agar dapat menyongsong generasi-generasi SDMP yang melek digital dengan literasi digital. e-Buletin tersebut dapat dilihat pada webiste sekolah atau melalui link https://web.sdmp.sch.id/. Program ini juga didukung penuh oleh Agung Catur Prabowo, selaku penggiat literasi yang mengungkapkan bahwa siap untuk membantu dan memberikan arahan jika diperlukan, beliau juga menghimbau juga untuk memeperbanyak ruang rubrik untuk anak-anak agar dapat mengexplore minat dan bakat peserta didik. Terakhir, beliau berpesan sebaiknya juga buletin yang dirilis juga dicetak untuk arsip tekstual jangka panjang. 

"Alhamdulillah, setelah melalui berbagai FGD, e-buletin gemilang ini bisa akhirnya rilis di bulan September. Kami mengucapkan terimakasih atas semua pihak serta tim redaksi yang mendukung dan membantu perilisan e-buletin ini. Semoga e-buletin SDMP sebagai salah satu langkah yang tepat untuk meningkatkan lietrasi peserta didik. Ungkap, Sandra Aryani, Kepala Sekolah SDMP.

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working