Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

Gebyar Pentas Seni SDMP, Dibuka Langsung Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya

    PALANGKARAYA (25/02/23), Setelah dua tahun pandemi SD Muhammadiyah Pahandut tak menggelar gebyar Pentas Seni Minat dan Bakat. Di Tahun ini, SDMP kembali menggelar acara gebyar Pentas Seni Minat dan Bakat (PSMB). Acara gebyar pentas seni ini dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 di halaman SD Muhammadiyah Pahandut dengan tema “Tunjukkan Bakatmu, Lestarikan Budaya dan Teruslah Berkreasi”. Euforia yang begitu luarbiasa, antusiasme anak-anak dalam menampilkan seni dan bakatnya sesuai dengan ekspektasi. Anak-anak mampu menampilkan yang terbaik. 
Pembukaan acara Gebyar Pentas Seni yang dimulai dengan penampilan tari Mandau oleh ekstrakulikuler Tari SDMP

    Acara Pentas ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, Bapak Jayani.,S.Pd.,M.Si sekaligus membuka acara secara resmi. Turut berhadir juga Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah, Agung Catur Wibowo,S.Hut.,M.Pd;Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Drs. Sofiyan Shori.,M.Ag, M.Pd;Ketua Majelis DikDasMen PWM Kalimantan Tengah, Drs.Mulyono, M.Pd;Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pahandut, M.Hanafian Novie,S.P.,M.Si;Ketua Majelis DikDasmen PCM Pahandut, Drs.Ahmad Wahyu Cahyono, M.Pd;Pengawas Pembina Sekolah, Sri Murwanti,S.P.Ak; Komite SDMP beserta anggota, Mukhlis Rohmadi,M.Pd;Ketua Lembaga Snei dan Olahraga Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah, Agung Catur Wibowo,S.Hut.MP. 

Foto:Sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya sekaligus membuka acara gebyar Pentas Seni secara resmi

    Acara tersebut dibuka dengan penampilan tarian mandau yang merupakan persembahan dari salah satu ekstrakulikuler tari SDMP. Kemudian, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh murid SDMP, Farid dan Alifa. Setelah itu, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Disela-sela sambutan juga ditampilkan persembahan dari ekstrakulikuler drama,angklung serta english club.
“Pentas seni ini merupakan bagian dari wadah siswa-siswi untuk mengexplore bakat dan kemampuanya. Berlatih dan berproses, hingga mampu menampilkan yang terbaik dan berani tampil dihadapan orang banyak. Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang harus terus dipertahankan. Kami sangat mengapresiasi sekali kepada SD Muhammadiyah Pahandut. Walaupun belum termasuk kategori sekolah rujukan dengan menerapkan kurikulum merdeka. Namun, mampu menjadi role model bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan project P5 dalam kurikulum merdeka” Ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangkaraya, Jayani,S.Pd.,M.Si













    Acara inti pentas seni kemudian diisi dengan penampilan-penampilan dari kelas 1-6. Ada yang menampilkan puisi,menyanyi, tari-tarian hingga drama. Bahkan, ada yang menampilkan permainan tradisional Semua berperan aktif untuk menampilkan yang terbaik. Lebih lanjut Sandra Aryani, kepala SDMP mengatakan bahwa selama beberapa minggu terakhir anak-anak giat berlatih disela-sela pembelajaran yang dipandu oleh wali kelas masing-masing dalam mempersiapkan tampilanya. Bahkan, ada yang latihan langsung disanggar. Beliau mengungkapkan bahwa sangat berterimakasih kepada seluruh wali murid SDMP yang ikut mensupport dan memberikan dukungan baik materil dan moral demi kelancaran penampilan anak-anak. Beliau berharap semoga PSMB tahun depan lebih baik dan lebih meriah lagi. Tak lupa beliau juga mengucapkan terimakasih kepada guru-guru SDMP yang sudah membimbing dan mempersiapkan anak-anak sehingga lancar dalam acara pentas seni.

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working