Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PEDULI LINGKUNGAN, GOTONG ROYONG SDMP MENGHIJAUKAN TAMAN MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)

(Palangka Raya, 07/09/2023) Dalam rangka menguatkan kompetensi profil pelajar Pancasila, guru dan peserta didik SD Muhammadiyah Pahandut bersama-sama menghijaukan lingkungan sekolah dengan menanam bibit sayuran pada hari Jumat, 1 September 2023. 

Berkumpul di lapangan sekolah, kegiatan yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 s.d. 2 ini dimulai dengan pemberian arahan dari Bu Sri Mulyanti, S.Ag didampingi oleh Bu Apri Indah Sari, S.Pd, Bu Yeni Oktri Yani, S.Pd, Pak Aan Yudi Prasetyo, S.Pd, dan Pak Arif Prianto Romadoni, A.Ma selaku koordinator P5. Arahan yang diberikan berupa kegiatan yang akan dilakukan, pemahaman terhadap media tanah, pupuk yang digunakan, dan teknik penyiraman.


 

(Peserta didik belajar menanam benih sayur ke media tanam)

Antusias peserta didik untuk belajar perduli dengan lingkungan dapat tersalurkan dengan baik melalui program ini. Dibawah arahan guru penanggung jawab dan pengawas, peserta didik belajar menyemai bibit sayur pakcoy ke pot kertas yang telah diisi dengan media tanam, yang kemudian dicampur pupuk sekam padi sebagai penyuburan. Tentunya, masing-masing peserta didik mendapatkan bagian dalam kegiatan ini dengan harapan meningkatkan pemahaman peserta didik secara praktikal sekaligus menambah pengalaman peserta didik.

Melalui kegiatan menyemai bibit, peserta didik akan lebih memperhatikan lingkungan dan merawat tumbuhan. Mereka akan memahami siklus hidup tanaman dan usaha yang perlu dilakukan untuk menjaga lingkungan. Selain itu, kegiatan menyiram dan merawat tanaman akan membantu mengembangkan sikap bertanggung jawab.

(Peserta didik menyiram bibit yang telah ditanam ke pot kertas)

Kegiatan P5 merupakan pembelajaran yang dapat membawa dampak positif yang signifikan bagi peserta didik maupun orang banyak. Oleh karena itu, peserta didik diharapkan dapat menerapkan kegiatan ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working