Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

BAZAR SDMP BAWAKAN TEMA MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR CILIK


Suasana bazar dan panen hasil belajar SDMP

Dalam rangka menyambut Milad yang ke-111, SD Muhamadiyah Pahandut mengadakan bazar sekaligus panen hasil belajar untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan pada diri anak. Jiwa kewirausahaan seperti kreativitas, inovasi, kemandirian, dan tanggungjawab dapat dibentuk dengan mengajarkan anak tentang pentingnya uang, membiasakan anak untuk menabung, dan mengikut sertakan anak-anak dalam kegiatan kewirausahaan. Sebuah sekolah yang mampu bersaing di abad 21, harus membekali siswanya dengan nilai-nilai kewirausahaan sehingga siswa memiliki skill dalam menghadapi persaingan di dunia kerja kelak. Salah satu kegiatan kewirausahaan di sekolah dapat diimplementasikan dalam bentuk kegiatan bazar.


Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Pahandut menyampaikan sambutan.

Melalui bazar, peserta didik memperkenalkan produk hasil karya bersama kepada warga sekolah dan wali murid yang hadir di acara tersebut.  Kegiatan bazar sekolah dapat menjadi sarana untuk memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar menjadi pelaku dan penggerak roda perekonomian dalam lingkup kecil. Oleh karena itu, SD Muhammadiyah Pahandut mengadakan kegiatan bazar dalam rangka menumbuhkan dan mengasah jiwa kewirausahaan peserta didik sejak dini.

Penyambutan tamu undangan dengan penampilan tari oleh peserta didik.


Digelar pada hari Sabtu, 18 November 2023 pukul 07.30 WIB, Bazar SDMP dimeriahkan oleh peserta didik SD Muhammadiyah Pahandut, wali murid, pendidik dan tendik, dan mitra sekolah. Selain itu, hadir pula tamu undangan yaitu Prof. Dr. H. Ahmad Syar’i M.Pd. sebagai ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM), HM. Zuhri S.HI., M.Pd.I sebagai unsur pimpinan PWM, Mira Setiawati M.Si sebagai perwakilan Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, H. Mukhlis Rohmadi M.Pd sebagai ketua komite, Lilik Kholisotin S.Pd.I, M.Pd.I sebagai perwakilan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kalimantan Tengah, Muhammad Hanafiah Novie S.P., M.Si. sebagai ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), dan Ahmad Fitriani ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM).


Pengunjung ramai datang untuk menikmati kegiatan jual-beli di stand-stand yang menjajakan pelbagai makanan, minuman, sampai aksesoris cantik dan mainan anak-anak.



Apabila masuk dari gerbang depan, pengunjung akan menjumpai stand bazar kelas 6A, 5A, 5B, 4B, 3B, 3A, 2B, dan 1A. Sedangkan, apabila masuk ke halaman belakang, pengunjung akan disambut dengan stand dari kelas 6B, 4A, 2A, dan 1B. Para peserta didik diberikan kesempatan untuk mandiri menawarkan sebuah produk kepada pengunjung. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar dan memiliki pengalaman dalam berjualan. Selain berjaga di stand, ada juga yang berkeliling untuk menjajakan minuman dan makanan ringan pada pengunjung selama bazar berlangsung. 



Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working