Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PESANTREN RAMADAN: SD MUHAMMADIYAH PAHANDUT TINGKATKAN IMTAQ DENGAN KEGIATAN POSITIF


(Kultum/ceramah Ramadan di Masjid Mujahiddin disampaikan oleh Bapak Zaid)


(Palangka Raya, 18/03/2024) Selama bulan suci Ramadan 1445H/2024 M, SD Muhammadiyah Pahandut menggelar pesantren Ramadan yang dikemas dalam program Ramadan. Kegiatan  positif tersebut rutin dilaksanakan oleh peserta didik maupun pendidik di Masjid Mujahiddin dan lingkungan sekolah dimulai pukul 7:30 s.d. 10:00 WIB. 

Dilaksanakan secara singkat dan rutin di bulan Ramadan, kegiatan keagamaan yang digelar oleh SD Muhammadiyah Pahandut bertujuan untuk mengajarkan beberapa pelajaran keagamaan melalui kultum dan  membentuk karakter religius peserta didik. Kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan diisi dengan melaksanakan ibadah sunnah dan amalan berpahala seperti melaksanakan sholat dhuha berjamaah, mendengarkan materi kultum Ramadan, dan mengaji.

(Pelaksanaan sholat dhuha berjamaah)

Ada yang berbeda dari kegiatan Ramadan tahun ini dengan tahun sebelumnya. Selain mendengarkan kultum Ramadan yang disampaikan oleh para pendidik di Masjid Mujahiddin, pesantren Ramadan tahun ini para peserta didik diberikan kesempatan untuk menyampaikan kultum Ramadan melalui YouTube channel SDMP:

https://youtube.com/@sdmpahandut1602?si=TWkfxKb4zSHIt7Cq 

Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan kultum merupakan bentuk pengenalan dakwah untuk anak-anak, agar peserta didik SDMP terbiasa dengan dakwah dan saat dewasa nanti dapat menjadi bagian dari kehidupan mereka. Dapat dilihat dari postingan YouTube channel SDMP, para peserta didik dari kelas 2 s.d. kelas 6 membawakan berbagai macam tema kultum yang berisi nasihat dan ilmu-ilmu agama.

Kepala SDMP, Sandra Aryani K. S.Pd., mengungkapkan bahwa kegiatan Pesantren Ramadan dilaksanakan setiap tahunnya. Tidak hanya mendalami pemahanan tentang keagamaan, namun peserta didik juga belajar bagaimana menerapkan ilmu-ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pesantren Ramadan juga diselingi dengan kegiatan lomba-lomba dan berbagi takjil. 

Kepala SDMP juga menyampaikan harapannya untuk kegiatan kultum oleh peserta didik dapat menjadi program yang berkelanjutan, tidak hanya di bulan Ramadan saja. Di Pesantren Ramadan selanjutnya, insha Allah SDMP dapat menambah kegiatan i'tikaf, dengan rangkaian acara yakni peserta didik akan buka puasa bersama, sholat taraweh, dan tadarusan di 10 hari terakhir bulan Ramadan.  

 

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working