Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PERSIAPAN AJARAN BARU, GURU SDMP ADAKAN IHT

(Palangkar Raya, 29/06/24), Guna menyambut tahun Ajaran baru yang akan dimulai pada 8 Juli 2024 disemua satuan pendidikan, SD Muhammadiyah Pahandut laksanakan In House Training (IHT) dengan tema "Penyusunan Perangkat Ajar" yang dilaksanakan selama kurang lebih 4 hari dimulai pada hari Selasa, 25 Juni sampai dengan Jum,at 28 Juni 2024 bertempat di Ruang Rapat SDMP.

Foto bersama seluruh tenaga pendidik dengan ketua PCM Pahandut, Bapak Drs. Ahmad Wahyu Cahyono, M.Pd

Penyusunan perangkat Ajar ini dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik SDMP dan dipandu langsung oleh koordinator Kurikulum, ibu Aisyah Ika Shauman Ninta, S.Pd. Agenda penyusunan perangkat ajar ini disesuaikan dengan kurikulum yang terbaru, yakni Kurikulum Merdeka. Tahun ini SDMP telah menerapkan kurikulum merdeka disetiap fase-nya. IHT yang terbagi kedalam beberapa hari tersebut, difokuskan kepada penentuan capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran dan alur pembelajaran. Pada hari pertama, agenda IHT adalah pembukaan IHT yang dibuka langsung oleh Ketua PCM Pahandut, bapak Drs. Ahmad Wahyu Cahyono, M.Pd sekaligus pembinaan kepada seluruh tenaga pendidik SDMP. Setelah itu dilanjutkan dengan pembentukan kelompok kecil sesuai dengan fase dan menganalisis capaian pembelajaran sesuai dengan fasenya.

Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka fase A kepada kepala sekolah

Berlanjut dihari kedua, agenda IHT adalah merumuskan tujuan pembelajaran pada mapel Matematika dan Guru Mata Pelajaran lainya menyesuaikan, kemudian dilanjutkan setelah istirahat dengan merumuskan tujuan pembelajaran pada mapel Pendidikan Pancasila. Hari ketiga, agenda IHT masih sama yakni; merumuskan tujuan pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia  dan IPAS, dihari ketiga ini agenda setelah istirahat adalah merancang Modul P5, hasil tema yang disekapati untuk tahun ajaran baru ini, SDMP mengangkat tema "Kearifan Lokal".

Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka fase B kepada kepala sekolah


Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka fase C kepada kepala sekolah



Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka mata pelajaran bahasa inggris kepada kepala sekolah



Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka perwakilan guru mata pelajaran kepada kepala sekolah



Foto bersama: Penyerahan perangkat ajar kurikulum merdeka oleh tim ISMUBA kepada kepala sekolah

Agenda selanjutnya, pada hari keempat adalah menyusun ATP dan menganalisis materi. Sedangkan, hari terakhir, agenda IHT adalah penyerahan penyusunan perangkat ajar per-fase dan setiap guru mapel juga turut menyerahkan perangkat ajar kepada kepala sekolah. Diakhir penutupan, koordinator bidang kurikulum Aisyah Ika Shauman Ninta, menegaskan bahwa IHT ini merupakan salah satu bentuk persiapan seluruh tenaga pendidik dalam mengajar dikelas, tahun ajaran baru, semangat harus baru dan inovasi juga semakin banyak dilakukan dalam proses pembelajaran. Beliau juga mengajak guru-guru yang lain untuk melakukan refleksi terkait IHT dan harapan IHT kedepan-nya. Hasil refleksi, mengungkapkan bahwa hampir semua guru mendapatkan manfaat dari IHT; berupa lebih siap dalam mengajar karena sudah menyusun perangkat ajar. Harapan dari beberapa guru juga semoga IHT selnajutnya dapat mengambil tema yang menarik, misalnya penyusunan modul, strategi belajar dan metode belajar yang inovatif dan interaktif sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam belajar.


Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working