Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

SD Muhammadiyah Pahandut Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Rutin KKG Gugus IV "Bajenta Harati"

(Kolabrasi Gugus IV dan Universitas Negeri Surabaya)

(Palangka Raya, 20/07/2024) SD Muhammadiyah Pahandut mendapatkan keistimewaan sebagai tuan rumah kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) kelas gugus IV bertajuk "Pelatihan Pengembangan Gamifikasi Pembelajaran untuk Penguatan Kegotongroyongan Kolaboratif di SD". 

Kegiatan ini merupakan kolaborasi Universitas Negeri Surabaya dengan komunitas belajar gugus IV "Bajenta Harati" Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam menerapkan metode gamifikasi dalam pembelajaran, yang diharapkan dapat berdampak pada penguatan semangat gotong royong dan kolaborasi antar siswa.

(Penyerahan Plakat dari pihak Tim LPPM Unesa)

Suasana yang penuh antusias dan semangat dari komunitas belajar guru gugus IV "Bajenta Harati" memenuhi ruang Aula SDMP pada pagi hari ini. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 dan dibuka dengan penampilan Tapak Suci dari ananda Novia siswi SD Muhammadiyah Pahandut, menyanyikan lagu Indonesia Raya, do'a, dan sambutan-sambutan dari Ketua KKG "Bajenta Harati", Kepala SD Muhammadiyah Pahandut, Ketua KKKS Gugus IV, dan Pengawas Pembina Gugus IV yang sekaligus membuka kegiatan.

Fina Maya Sari M.Pd, ketua Gugus IV, dalam sambutannya menjelaskan makna dari nama 'Bajenta Harati'. Bajenta memiliki arti ramah tamah, sopan santun, dan siap terbuka pada hal-hal baru yang bersifat positif. Sedangkan, Harati memiliki arti cerdas dan berkarakter. Tidak hanya cerdas secara intelektual, namun juga berkarakter sebagai rakyat Indonesia yang mempunyai daya dan moral.

"Harapannya, guru-guru di komunitas Bajenta Harati  ini, memiliki sifat ramah tamah, terbuka, memiliki daya intelektual tinggi, dan berkarakter. Terimakasih kepada SD Muhammadiyah Pahandut yang sudah berkenan menyiapkan tempat dan  berbagai macam keperluan terkait kegiatan kita yang dilaksanakan secara rutin dan juga Tim LPPM yang sudah datang dari Surabaya untuk datang dan melaksanakan pelatihan. Ini merupakan kesempatan yang langka bagi kita." Ucap Ketua Gugus IV. 
(Guru-guru kombel Gugus IV antusias menyimak penyampaian materi pelatihan)

 

Bajenta Harati terdiri dari 9 sekolah, diantaranya SD Negeri 1 Panarung, SD 2 Panarung, SD 3 Panarung, SDN 4 Panarung, SDN 5 Panarung, SDN 1 Tanjung Pinang, SDN 3 Tanjung Pinang, SD Islam Ats-Tsiqoh, dan SD Muhammadiyah Pahandut.

Kepala SD Muhammadiyah Pahandut, Sandra Aryani K., S.Pd menerangkan bahwa SDMP sudah berdiri selama 18 tahun sejak tahun 2006. SDMP sedang menunjukkan eksistensinya, sudah mulai berkembang, dan menunjukkan potensi dari guru serta siswa-siswinya. Beliau juga menjelaskan kegiatan KKG rutin dilakukan sebulan sekali.

"Alhamdulillah kami pada kesempatan ini mendapat keistimewaan untuk jatah pelaksanaan KKG komunitas belajar Bajenta Harati dan kami sebagai kepala sekolah di Gugus IV senantiasa mendukung kegiatan ini, yang nantinya akan berdampak ke siswa."    

(Praktik gamifikasi pembelajaran)


Lilis Mire S.Pd. M.M.,Ketua KKKS Gugus IV, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Beliau juga menjelaskan bahwa komunitas belajar Bajenta Harati selalu mengedepankan Bajenta dan kepintaran dengan akhlak yang bagus. Ia berharap guru yang hadir pada kegiatan hari ini, nanti akan dapat menularkan hal positif dan produktif kepada teman-teman yang lain. 

Kegiatan KKG dibuka oleh Pengawas Pembina Gugus IV yakni Hardelis, S.Pd. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi dan sangat mendukung kegiatan kolaboratif antar Gugus IV dan tim LPPM Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan penting dan nantinya akan berimbas kepada sekolah masing-masing di Gugus IV.

(Guru-guru sekolah Gugus IV secara aktif mengikuti pelatihan)

Kolaborasi antara komunitas belajar Gugus IV Bajenta Harati dan Universitas Negeri Surabaya dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru dalam gamifikasi pembelajaran. Dengan antusiasme tinggi dan semangat gotong royong, kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berdampak positif untuk peserta didik. 

Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dan semoga kolaborasi ini akan terus berlanjut di masa mendatang untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan produktif.

(Guru SDMP bersama tim LPPM Unesa)





Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working