Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

PERBAIKI LITERASI, SDMP LUNCURKAN PERPUSTAKAN DIGITAL

    (Palangka Raya, 06/08/24),  SD Muhammadiyah Pahandut terus memperbaiki mutu dan kualitas untuk meningkatkan numerasi dan literasi siswa-siswi. Salah satu langkah, terbarukan yang dilakukan yakni dengan meluncurkan "e-Perpus" (Perpustakaan elektronik). Perpustakaan berbasis digital ini diluncurkan oleh Tim Perpustakaan Lentera Ilmu SD Muhammadiyah Pahandut.

    Fira Yunika selaku pembuat website e-Perpus digital ini menyatakan bahwa, walaupun e-Perpus masih dalam tahap pengembangan, namun sudah dapat digunakan untuk membaca buku secara online  dirumah maupun dalam pembelajaran di sekolah. Beliau berharap semoga e-Perpus ini dapat bermanfaat bagi siswa/i, wali murid, dan tenaga pendidik SD Muhamamdiyah Pahandut. Selain itu, semoga dengan adanya e-Perpus ini dapat meningkatkan literasi siswa-siswi SDMP, karena hasil raport pendidikan SDMP tahun sebelumnya, terkait literasi mengalami sedikit penurunan.

Gambar tampilan depan halaman website e-Perpus SDMP

Didalam e-Perpus ini juga cukup lengkap, mulai dari buku pembelajaran berbasis kurikulum merdeka hingga buku cerita anak-anak. e-Perpus ini juga merupakan salah satu program pendukung sesuai dengan visi misi SDMP, yang mengedepankan teknologi di era abad 21. Website e-perpus tersebut dapat diakses pada link :

https://sdmuhammadiyahpahandut.eperpus.id/.

Adapun tutorial penggunaan e-Perpus ini dapat dilihat pada link :

https://drive.google.com/file/d/1KtH5Xs0NKF5yKYvt8hR2PcMCT3rpt-bO/view?usp=drive_link

Gambar tampilan buku-buku yang dapat diakses dan tersedia di website SDMP

"Semoga dengan adanya e-Perpus ini dapat membantu siswa/i dalam peningkatan literasi, karena didalam e-Perpus tersebut, bukan hanya terkait dengan pembelajaran tetapi juga ada buku fiksi dan non fiksi. Buku yang dibaca siswa secara online juga dapat diakses secara gratis oleh anak-anak. Mengingat, tahun sebelumnya, literasi siswa terhadap cerita fiksi menurun, harapannya e-Perpus ini dapat mengatasi permasalahan tersebut dan semakin meningkatkan minat baca siswa/i SDMP serta menjadi role model bagi sekolah-sekolah lain. Selamat membaca, salam literasi!" Ujar Sandra Aryani, Kepala SDMP.

Bagi siswa/i SDMP, bisa langsung mengakses e-Perpus tersebut ya! Selamat menikmati, membaca tanpa kenal batas!

Salam literasi! 

 

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working