Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

2 Tim Ki Hajar STEM SDMP, Lolos ke Tahap Intermediate

(Palangkaraya, 12/08/24),  Kabar menggembirakan datang dari dua tim Ki Hajar STEM SD Muhammadiyah Pahandut yang berhasil lolos kedalam selanjutnya, yakni tahap Intermediate.  Perlombaan Ki Hajar STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) tersebut  berlangsung pada tanggal 10 Agustus 2024, secara serentak di seluruh Indonesia secara virtual/online.

Tim SDMP sedang mengerjakan perlombaan tahap Basic

Ki Hajar STEM merupakan salah satu wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan. Bukan hanya ditujukan untuk jenjang SD, tetapi juga SMP, SMA dan SMK, sebagai wadah untuk peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, kreatif dan mampu berkolaborasi serta berkomunikasi dalam mengembangkan proyek berbasis STEM dalam mendukung profil pelajar Pancasila. Perlombaan terdiri dari 4 tahapan, yakni tahap Basic, Intermediate, Advanced dan terakhir Final.

Tim SDMP sedang mengerjakan perlombaan tahap Basic

SDMP, mengajukan 3 tim, masing-masing tim terdiri dari 3 peserta didik, yakni ananda Beryl Creighton Hasian T., Istiqomah, Muhammad Rasya Athayanauli (Tim 1); Abid Hairani, Baaz Hadziq Wibowo,  Ahmad Zayyan Aiman (Tim 2); Noor Al Azhar Putra Ridha, Hamizan Mirhan, Afif Adelio Kasno (Tim 3). Tim 1 dan 3 dibimbing oleh ibu Sari Dewi Kumalawaty, S.Pd sedangkan tim 2 dibimbing oleh ibu Pertiwi Adi Puji Astuti, S.Pd.

Tim SDMP sedang mengerjakan perlombaan tahap Basic

Baaz, salah satu yang mengikuti perlombaan KI Hajar STEM pada tahap Basic ini, mengaku sangat gugup dan deg-deg-an luar biasa. Menurutnya, banyak soal yang jawabannya hampir benar. tetapi, Baaz yakin, Baaz dan tim lainya bisa memberikan yang terbaik dan menghasilkan hasil yang maksimal. 

Tahap Basic ini diambil 20 tim trbaik dari masing-masing provinsi. Dimana, setiap tim yang telah mendaftar mengerjakan 20 soal berbasis STEM selama 90 menit secara daring. Alhamdulillah, tim SDMP, tim 1 berhasil menduduki peringkat 4 dengan hasil skor 85, sedangkan tim 2 berhasil menduduki peringkat 19 dengan hasil skor 70. Karena, kedua tim SDMP masuk 20 besar, maka berhak untuk masuk ke tahap Intermediate yang akan dilaksanakan pada 24 Agustus 2024.

Hasil pengumaman tahap Basic Provinsi Kalimantan Tengah Tingkat Satuan Dasar

"Harapannya semoga anak-anak dapat memberikan hasil yang terbaik di tahap selanjutnya, dan soal-soal yang keluar di tahap Intermediate semoga dapat dengan mudah dijawab oleh tim SDMP. Dari tahun ke tahun, ada beberapa soal yang mengalami perubahan dan up to date. Alhamdulillah, di tahap basic ini soal-soal yang keluar tidak terlalu susah untuk kategori SD. Ujar, Sari Dewi Pembimbing Tim Ki Hajar.

Sandra Aryani, Kepala SDMP juga mengucapkan selamat kepada tim yang lolos ke tahap selanjutnya. Lebih semangat lagi kedepannya, Semoga bisa memberikan hasil yang terbaik. Beliau juga berpesan bahwa sekolah akan terus memfasilitasi dan men-support kegiatan perlombaan tim Ki Hajar STEM 2024.

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working