Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS OLEH KEPALA SDMP

(Supervisi di kelas 1)

(Palangka Raya, 29/01/2024) Kepala SD Muhammadiyah Pahandut, Sandra Aryani K., S.Pd, mulai  tanggal 29 Januari 2023 melaksanakan supervisi guru kelas dan guru mata pelajaran  dengan melakukan kunjungan kelas.

Menurut Utami dalam Saharudin et al. (2022), supervisi merupakan suatu pendekatan yang sangat sesuai dalam dunia pendidikan dan bertujuan untuk memberikan bimbingan dan pelayanan untuk guru agar termotivasi dalam meningkatkan keterampilan dan profesi mereka.

Salah satu tujuan dilaksanakannya supervisi kepada guru adalah pemberdayaan dan peningkatan kualitas guru. Guru yang berkualitas tentunya akan memberikan pembelajaran yang berkualitas pula untuk para peserta didik. Selain itu, supervisi juga dilaksanakan untuk mendorong semangat guru untuk menerapkan kemampuannya dalam tugas mengajar dan mengembangkan kemampuannya sendiri.

Mengingat pentingnya supervisi dalam dunia pendidikan, kepala SD Muhammadiyah Pahandut melaksanakan supervisi untuk menilai sekaligus memberi dorongan dalam peningkatan kemampuan dan kualitas guru-guru di sekolah.


(Kepala sekolah melaksanakan supervisi di kelas Ibu Apri) 


(Kepala sekolah melaksanakan supervisi dengan Bapak Yadiannor di Perpustakaan SDMP)

Lebih lanjut, Sandra Aryani menerangkan bahwa tujuan dari supervisi sendiri adalah pembinaan yang terencana dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas. Dalam setahun, supervisi dilaksanakan minimal dua kali, dan tahun ini akan dilaksanakan supervisi pelaksana di kelas dan supervisi administrasi. Dalam pelaksanaan supervisi, ada 19 guru SDMP yang menjalani supervisi. Dari hasil penilaian kepala sekolah, masih ada beberapa guru yang belum sesuai dengan pembelajaran yang diharapkan. Untuk perbaikan, Kepala SDMP berencana untuk mengadakan pendampingan di kelas agar metode pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dan adanya penguatan numerasi dalam tiap pembelajaran. Selain itu, Ibu Sandra Aryani juga menarget agar sekolah lebih tertib dalam administrasi.

Luar biasa sekali ya usaha tenaga pendidik untuk meningkatkan pendidikan siswa-siswi Indonesia. Yuk, Dukung SDMP untuk terus berupaya menjadi yang terbaik!





Kontributor        : Fira Yunika
Editor                   : Fira Yunika 



Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working