Jl. Ulin No. 27 Panarung, Pahandut, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Telepon : 0536 - 3227971

SDMP, SUKSES LAKSANAKAN UJIAN MUNAQASAH T.A 2023/2024

(Palangka Raya, 01/03/24) Mendekati penghujung akhir semester 2, SDMP mengadakan ujian Munaqasah kelas VI, tahun ajaran 2023/2024. Selain untuk memperbaiki, kualitas dan kuantitas lulusan SDMP, Ujian Munaqasah ini juga merupakan salah satu keunggulan di SDMP. Hampir seluruh sekolah di Muhammadiyah, dikelulusan akhir melaksanakan ujian Munaqasah untuk memantabkan lagi ilmu agama yang sudah diajarkan di Muhammadiyah.

    Ujian munaqasah SDMP tahun ini, terbagi menjadi dua kali pengujian. Pertama, ujian munaqasah internal yang diuji langsung oleh guru-guru keislaman dan bahasa Arab di SDMP, yakni bapak Satrya Karunia, T.H.,S.Pd, bapak Bagoes Al Azhari, S.Pd dan bapak Said Azmi S.Sos. Adapun yang diujikan dalam ujian munaqasah internal berupa; Hafalan Juz 30, Hadits dan Doa beserta artinya, dimana ujian munaqasah internal ini berlangsung selama 5 hari terhitung mulai dari Senin,19 - Jumat, 23 Februari 2024. 


(Dokumentasi ujian munaqasah internal siswa/i kelas 6 SD Muhammadiyah Pahandut)

    Sedangkan, untuk ujian munaqasah eksternal berlangsung dari Senin, 26 Februari 2024 - Jumat, 01 Maret 2024. Pada ujian munaqasah eksternal ini penguji merupakan perwakilan dari cabang Muhammadiyah mulai dari perwakilan PWM Muhammadiyah, yang diwakili oleh bapak Hadi Basyori, perwakilan dari PDM yang diwakili oleh bapak Aliansyah, dan perwakilan PCM yang diwakili oleh bapak Priyono Mukti. Adapun yang diujikan dalam ujian munaqasah eksternal kali ini dimulai dari Praktik Wudhu, Praktik Shalat Fardhu, praktik Shalat jenazah, Tilawah, Hafalan juz 30, serta hadist beserta artinya.

                (Dokumentasi ujian munaqasah internal siswa/i kelas 6 SD Muhammadiyah Pahandut)

    Mekanisme ujian munaqasah eksternal sendiri, berbeda dengan ujian munaqasah internal. Pada ujian munaqasah internal, orangtua/wali murid siswa/i kelas VI tidak ikut mendampingi. Tetapi, pada ujian munaqasah eksternal, orangtua/wali murid siswa/i ikut mendampingi sekaligus mengambil cabutan untuk hafalan di juz 30 dan hadist serta membacakan hasil cabutan tersebut untuk nanti dibacakan oleh siswa/i.

    Sandra Aryani, kepala SDMP lebih lanjut mengatakan bahwa ujian munaqasah ini sudah berlangsung setiap akhir kelulusan kelas 6, sebagai syarat kelulusan di SDMP. Dimana anak-anak nantinya, mendapatkan "syahadah munaqasah" hasil pencapaianya dalam hafalan juz 30, hadits, doa dan praktik yang telah ditentukan. Selain sebagai salah satu keunggulan di SDMP, ujian munaqasah ini juga memperbaiki generasi-generasi di era sekarang secara spiritual dan memantabkan lagi ilmu-ilmu agama yang telah diajarkan di Muhammadiyah untuk nantinya dapat diterapkan dalam masyarakat.

    Adied Najiyurrahman, sekaligus ketua panitia ujian munaqasah mengatakan bahwa "Alhamdulillah, tahun ini sebanyak 51 siswa/i kelas 6 telah selesai melaksanakan ujian munaqasah internal maupun eksternal. Kami, seluruh tenaga pendidik dan staff mengucapkan selamat, barakallah fii ilmi, semoga setelah munaqasah hafalan tetap terjaga dan tetap istiqomah. Saya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia yang telah membantu dan ikut menyukseskan kegiatan munaqasah sehingga berjalan dengan lancar. Bahkan, pada ujian munaqasah internal ada beberapa hari menjelang magrib baru selesai. Semoga Allah membalas kebaikan dan menjadi amal jariyah. Aaamiin."

Untuk sobat SDMP yang masih di kelas I-V, persiapkan diri untuk menghadapi ujian munaqasah di kelas 6 ya! Jangan takut karena para penguji tidak se-galak yang dibayangkan. Persiapan diri dan perbanyak hafalan!.

Share on Google Plus

About Pertiwi

Menulis telah menjadi hobinya sejak bangku sekolah dasar. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tertarik juga dengan dunia fotografi dan design. Penulis memiliki nama lengkap Pertiwi Adi Puji Astuti ini, merupakan kelahiran asli Karanganyar tepatnya pada bulan Mei tahun 2000. Masa Sekolah Dasar sering nomaden (Jawa-Kalimantan) namun sejak kelas 6 sudah menetap di Jawa Tengah. Semenjak kuliah mencoba menjadi anak rantau, hingga kembali lagi ke Kalimantan. Penulis kerap disapa dengan panggilan Pertiwi. Hingga sekarang fokus di dunia pendidikan, photografi dan design. Lebih lanjut penulis dapat dihubungi di kontak email @pertiwiadi24@gmail.com dan instragram @pertiwi_apa

0 comments:

Posting Komentar

Rainbow Mac - Working